• banner3.jpg

Gambar 1. Dari kiri ke kanan Drs. Abd. Halim Zailani (Ketua Pengadilan Agama Kota Padangsidimpuan), Drs. M. Taufik H. Z., M.H.I (Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan), Drs. H. Palmizar, M.H.I (Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan), dan Drs. H. Ribat, S.H., M.H (Ketua Pengadilan Agama Padangsidimpuan)

Padangsidimpuan 6 Desember 2017 Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Drs. M. Taufik H.Z., M.H.I  menyampaikan bahwa untuk tahun 2018 seluruh Pengadilan Agama yang ada di wilayah hukum PTA Medan wajib ikut Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu atau disingkat (SAPM), hal tersebut ditegaskan beliau   dalam kegiatan pembinaan dan Pengarahan di Pengadilan Agama Kota Padangsidimpuan bertempat di Ruang sidang Utama Pengadilan Agama Kota Padangsidimpuan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Drs. H. Palmizar, M.H.I, Kasubbag tata usaha dan rumah tangga PTA Medan Muhammad Syahrur Ramadhan, S.H., M.H, Ketua Pengadilan Agama Kota Padangsidimpuan Drs. Abd. Halim Jailani, Wakil Ketua Buniyamin, S.Ag para Hakim, Panitera H. Zainul Arifin, S.H, Sekretaris Febrianda, S.Kom, serta seluruh pegawai Pengadilan Agama Kota Padangsidimpuan Pengadilan Agama Padangsidimpuan dan hadir juga Ketua Pengadilan Padangsidimpuan Drs. H. Ribat, S.H., M.H, Wakil Ketua, para Hakim, Panitera, Sekretaris, serta seluruh pegawai Pengadilan Agama Padangsidimpuan

Gambar 2. Para Hakim dan seluruh pegawai Pengadilan Agama Kota padangsidimpuan menyimak pembinaan yang disampaikan oleh Ketua PTA Medan

Kita baru saja menerima penghargaan dari Ketua Mahkamah Agung RI terhadap 5 (lima) pengadilan yang memperoleh SAPM dengan nilai A. Exellent yaitu PA. Stabat, PA. Kabanjahe, PA. Siantar, PA. Binjai, dan PA Lubuk Pakam pada tanggal 28 Nopember 2017 yang lalu di Makasar, sebenarnya PA. Tebing Tinggi masuk untuk dapat penghargaan, namun karena nilainya masih 70 (predikat B) ya.. saya tidak jadi usulkan ikut dalam penerimaan penghargaan tersebut, karena kita usulkan ikut penerimaan tersebut yang nilainya A atau Exelent, yang kita usulkan harus nilai A. Exellen, tandasnya. Saat ini kita sudah persiapkan 8 satker termasuk PTA Medan untuk ikut SAPM tahap kedua, meskipun untuk tingkat PTA belum diwajibkan ikut SAPM, namun karena ini merupakan program Mahkamah Agung  kedepan, PTA Medan siap menjadi perintis untuk Pengadilan Tinggi seluruh Indonesia. Paparnya bersemangat.   Oleh karenanya bagi Pengadilan Agama di Sumatera Utara yang belum masuk dalam tahap kedua, segera persiapkan diri dan berbenah dengan mencicil segala dokumen dan Formulir dan perangkat lainnya yang di butuhkan, agar ketika masuk dalam tahap ketiga tidak kewalahan.

          Dalam kesempatan yang sama Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Drs. H. Palmizar, M.H.I. juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas penerapan Hukum formil dan materil serta administrasi perkara. Melihat kecendrungan hari ini terjadi penurunan penerapannya. Memang diakui dalam beberapa tahun belakangan ini kegiatan Bimtek jarang dilakukan baik dalam skala nasional maupun local. Namun demikian kita tak boleh lengah untuk meningkatkan kualitas penerapan hukum acara, hukum materil dan administrasi perkara, dan persidangan, karena itu merupakan inti dari peradilan.

Sebagai solusi dari melemahnya kualitas penerapan tersebut, maka peran hakim pengawas bidang baik pada Pengadilan Tingkat Banding maupun pada Pengadilan Tingkat Pertama harus secara tertib menjalankan tugas pengawasan dan Pembinaan. Jadwal pengawasan dan Pembinaan yang sudah dibuat, agar dipatuhi dan dijalankan. Eksaminasi berkas perkara sangat mutlak dibutuhkan untuk mengetahui kelemahannya kemudian bisa diperbaiki kedepannya. Pengadilan Tinggi Agama Medan dengan surat No. W2-A/3459/HK.00.1/VIII/2017 perihal pembinaan dan Pengawasan semester II tahun 2017 telah memerintahkan kepada Hakim Tinggi Pengawas Daerah dan Ketua Pengadilan Agama Se- Sumatera Utara untuk melakukan eksaminasi berkas atas perkara yang ditangani Ketua, Wakil Ketua, dan para hakim. Dan dari sini nanti, kami akan mendapat gambaran konkrit tentang berbagai persoalan hakim dalam menangani perkara. Kemudian masalah tersebut akan segera kami petakan untuk dicarikan solusinya, dengan harapan kedepan kualitas dan mutu para hakim akan semakin baik.

          Lebih lanjut Wakil Ketua PTA Medan meminta kepada seluruh satker PA. Se Sumatera Utara agar kembali menghidup Diklat di Tempat kerja (DDTK). Segera buat jadwal DDTK, mengingat kegiatan ini sangat banyak membantu para hakim dan pegawai dalam menjalankan tugas. Kegiatan DDTK juga merupakan bagian dari kegiatan Bimtek agar supaya kualitas SDM peradilan Agama tetap terjaga dan hal-hal baru dalam menjalankan tugas bisa saling sharing dan tukar informasi  antara hakim, pegawai begitu juga tenaga honorer.

Tanpa terasa jam menunjukkan pukul 11.30 Wib, acara langsung di tutup dengan membacakan doa oleh Drs. H. Haspan Pulungan, SH. (Hakim senior Pengadilan Agama Kota Padangsidimpuan) usai doa Ketua dan wakil Ketua PTA Medan beserta rombongan akan bertolak ke Sibolga, dalam agenda yang sama. Segenap jajaran Pengadilan Agama Kota padangsidimpuan, mengiringi rombongan menuju kota Sibolga.

WAKIL KETUA

Select a Language

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Hakim

Pegawai

  • febrianda.jpg
  • hakim-nasution.jpg
  • idris.jpg
  • khair.jpg
  • raisya.jpg
  • zainul.jpg

Login Form