• banner3.jpg

Senin tanggal 31 Oktober 2016 Pengadilan Agama Kota Padangsidimpuan mengadakan rapat tentang hasil sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Pengawasan (SIWAS) Mahkamah Agung RI yang baru dilaksanakan kemarin tanggal 27 Oktober 2016 di Pengadilan Tinggi Agama Medan, yang pada waktu acara tersebut di hadiri oleh para Wakil Ketua Pengadilan Agama Tingkat Pertama dan stafr IT,  sosialisasi dilaksanakan di Ruang Sidang Pengadilan Agama Kota Padangsidimpuan, diikuti oleh para Hakim dan seluruh pegawai Pengadilan Agama Kota Padangsidimpuan baik fungsional, struktural dan pramubakti. Rangkaian acara pembukaan rapat hasil sosialisasi dipandu oleh Sekretaris Pengadilan Agama Kota Padangsidimpuan, Febrianda, S.Kom.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Kota Padangsidimpuan, Buniyamin Hasibuan, S.Ag dalam penyampaiannya pada rapat hasil sosialisasi SIWAS mengatakan bahwa SIWAS MARI sebagai pelaksanaan dari PERMA No 9 tahun 2016 tentang Pengaduan. “bahwa saat ini masyarakat diberikan kebebasan seluas-luasnya untuk mengadu, oleh karena itu kita harus menutup rapat-rapat pengaduan. “Dalam arti bukan tidak boleh mengadu, tetapi bagaimana agar tidak ada celah bagi masyarakat untuk mengadu karena pelayanan kita sesuai dengan aturan, sesuai dengan SOP dan sesuai dengan ketentuan.

Sebagaimana diketahui bahwa aplikasi SIWAS ini pertama kali dilaunching pada tanggal 29 September 2016 oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H.M. Hatta Ali, S.H., M.H. Sistem Infomasi Pengawasan (SIWAS) adalah sistem informasi yang dikembangkan berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 9 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di bawahnya, yang memungkinkan bagi seluruh lapisan masyarakat melakukan pengaduan terhadap aparatur peradilan yang terindikasi melakukan pelanggaran disiplin, kode etik, pedoman perilaku atau perbuatan melawan hukum. Pengaduan-pengaduan tersebut nantinya akan ditelaah oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI untuk pengambilan keputusan terkait pengaduan tersebut. Aplikasi ini dapat diakses melalui situs : http://siwas.mahkamahagung.go.id

Terkait penanganan pengaduan sudah diakomodir dalam Sistem Informasi Pengawasan (SIWAS) atau Whistle Blowing System.  Dalam hal pengaduan yang perlu diperhatikan adalah informasi yang diberikan sedapat mungkin memenuhi unsur 4W + 1H (What, Where, When, Who, How), dan memiliki bukti dalam bentuk file seperti foto atau dokumen lain, silahkan dilengkapi di halaman pengaduan

Di akhir rapat, Ketua Pengadila Agama Kota Padangsidimpuan mengatakan bahwa aplikasi ini harus dijalankan karena nantinya akan ada monitoring terhadap penggunaan aplikasi SIWAS ini apakah sudah dijalankan sesuai dengan fungsinya atau belum dan untuk petugas meja pengaduan akan segera dibuatkan SK penunjukannya.

WAKIL KETUA

Select a Language

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Hakim

Pegawai

  • febrianda.jpg
  • hakim-nasution.jpg
  • idris.jpg
  • khair.jpg
  • raisya.jpg
  • zainul.jpg

Login Form